15 Penyedia Layanan Hosting VPS Paling Murah di Indonesia

Pada artikel ini kita akan membahas 15 penyedia layanan hosting yang memberikan harga VPS atau Virtua

Hosting Virtual Private Server

VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server yang merupakan server pribadi yang keseluruhan resource-nya hanya digunakan oleh satu pengguna saja dan tidak dipengaruhi oleh pengguna lain. Hosting VPS adalah pilihan tepat untuk situs web yang mempunyai trafik yang tinggi atau untuk website yang sudah melebihi paket shared hostingnya.

Banyak sekali perusahaan hosting yang menawarkan paket VPS dengan harga yang relatif cukup mahal. Berbicara harga yang mahal membuat sebagian orang enggan untuk beralih ke hosting VPS.

Saya telah menyurveri lebih dari 25 hosting yang ada ditanah air dan membandingkan paket VPS antar perusahaan lainnya. Hasilnya, perusahaan hosting tersebut menawarkan harga dan spesifikasi hosting yang berbeda-beda. Ingat ya saya hanya menyurvei bukan mereview, itu artinya saya belum bisa menilai apakah perusahaan hosting tersebut rekomendasi kah untuk digunakan!

Hosting Hostnic

paket VPS hostnic

Perusahaan hosting Hostnic mungkin belum begitu populer dikalangan industri hosting, atau bahkan mungkin Anda baru mendengar nama perusahaan ini. Akan tetapi siapa sangka bahwa perusahaan satu ini sanggup memberikan harga yang murah untuk paket hosting sekelas VPS.

Dilihat dihalamannya, Hostnic sudah menggunakan cloud VPS dan Raid 10 Protection untuk menghindari failed disk pada servernya dan automation service one click instalation pada layanan Pelanggan. Cloud Server Hostnic menggunakan Node server paling canggih dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Processor Intel Xeon Enterprise
  • Penyimpanan SSD Samsung dengan Raid protect
  • Shared 1 Gbps Local IIX dan OpenIXP
  • CDIX 1 Gbps Shared
  • Shared 100 Mbps Internasional
Informasi: Hostnic hanya menyediakan lokasi server di Indonesia.

Hosting Warnahost

Perusahaan hosting Warnahost atau PT. Warna Data Multimedia ini sudah berdiri lebih dari 10tahun. Jika kita lihat pada halaman websitenya, Warnahost memberikan paket hosting VPS 2 macam. Yaitu Cloud VPS Manage dan Cloud VPS Unmanage. Untuk yang belum tau perbedaan Manage VPS dan Unmanage VPS berikut perbedaanya:

Manage VPS

Managed VPS yang berarti pelanggan menyewa VPS beserta support atau dukungan teknis dari penyedia hosting tersebut. Dengan Managed VPS, pengguna tidak akan dibingungkan dengan pengelolaan CLI (Command line interface), instalasi software, monitoring, dan yang lainnya. Dengan kata lain pengguna bisa fokus untuk mengelola websitenya tanpa harus susah payah mengelola server hosting.

Unmanage VPS

Unmanage VPS kebalikannya dari Manage VPS. Itu berarti Unmanaged tidak adanya support atau dukungan teknis dari penyedia hostingnya.

Dukungan teknis hanya dapat dibantu melalui pesan dalam tiket (jika memungkinkan). Tim support Unmanaged VPS hanya akan membantu jikalau ada masalah pada hardware, selebihnya mereka tidak akan membantu. Sedangkan kelebihan utama Unmanaged VPS adalah harganya yang jauh lebih murah dibanding kan Manage VPS.

Berikut harga paket CLOUD VPS MANAGED:

paket harga vps manage di warnahost

Berikut harga paket CLOUD VPS UNMANAGED:

paket harga vps unmanage di warnahost

Hosting Dewabiz

Perusahaan yang berikutnya yaitu Dewabiz. Perusahaan ini bisa dibilang masih sangat muda, jika kita lihat dari profile perusahaannya Dewabiz didirikan sejatak tahun 2016. Paket yang ditawarkan perusahaan ini ada 2 yaitu:

  • Cloud VPS Indonesia KVM Virtualization
  • VPS Mikrotik Indonesia

Mungkin sebagian orang baru mendengar VPS mikrotik bukan? Nahh VPS mikrotik sendiri berfungsi untuk menjalankan Usermane,PPTP,L2TP, dll di Cloud/Internet agar bisa terkomunikasi dengan Router anda dirumah. VPS Mikrotik Indonesia ini berlokasi di IDC Datacenter Jakarta Selatan, Indonesia.

Berikut harga Cloud VPS Indonesia KVM Virtualization:

harga vps dewabiz

Hosting Jagoanhosting

Perusahaan Jagoanhosting satu ini cukup populer dikalangan WordPress Indonesia. Banyak member grup Facebook WordPress Indonesia membahas perusahaan hosting satu ini dikarenakan harga VPSnya yang dibilang murah, bukan itu saja! perusahaan satu ini juga memberikan diskon VPS untuk awal pembelian lohh!

Jagoanhosting telah melayani lebih dari 70.000 customer dan diantara mereka adalah pengguna VPS.

Perusahaan ini menawarkan dua paket VPS yang berbeda:

  • New VPS-X (Unmanage)
  • KVM-BASED-SERVER (Unmanage)

Untuk yang belum tau perbedaan keduanya. VPS (Virtual Private Server) dan VM (Virtual Machine) di Jagoanhosting terletak pada teknologi virtualisasinya.

Kalau VPS (mengacu ke produk VPS-X) virtualisasi OpenVZ.

Sedangkan VM (mengacu ke produk VM-X) virtualisasi KVM.

Berikut ini keunggulan dan kelemahan masing masing virtualisasi:

Keunggulan VPS (OpenVZ)

  • Lebih murah.
  • Lebih enteng (bootingnya cepat).
  • Bisa upgrade tanpa reboot server.
  • Cocok untuk pemula.

Kelemahan VPS (OpenVZ)

  • Terpengaruh kinerja VPS lain yang menggunakan resource berlebih.
  • Tidak support SWAP
  • Beberapa pengaturan dibatasi node servernya.
  • Hanya bisa install beberapa varian Linux.

Keunggulan VM (KVM)

  • Lebih stabil, tidak terganggu VM lain.
  • Bebas dioprek hingga level dasar (kernel).
  • Bisa install varian Linux apapun, bahkan custom.
  • Cocok untuk tunneling.
  • Support SWAP
  • Bisa digunakan pemula hingga expert.

Kelemahan VM (KVM)

  • Harga sedikit lebih mahal.

Kenapa menggunakan VPS / VM?

Apapun aplikasi yang bisa berjalan di Linux maka bisa dijalankan pula di VPS maupun VM. Jadi kamu gak perlu bingung pilih VPS atau VM, pertimbangannya kalau kamu mau lebih stabil pakai VM, selain itu pakai VPS aja cukup.

Dari segi harga keduanya memang lebih mahal ketimbang sharedhosting, tapi ada beberapa alasan kenapa kamu perlu menggunakan VPS / VM.

  • Kamu membutuhkan layanan diatas shared hosting karena sering down yang diakibatkan kebanyakan trafik.
  • Kamu membutuhkan manajemen server yang lebih leluasa daripada shared hosting.
  • Kamu membutuhkan custom resource yang lebih fleksibel daripada shared hosting.

Beriktu harga New VPS-X (Unmanage):

daftar harga vps jagoanhosting

Berikut haraga KVM-BASED-SERVER (Unmanage):

daftar harga kvm jagoanhosting

Hosting Shehoster

Perusahaan hosting satu ini mungkin jarang banyak orang mengenalnya. Tapi jika kita lihat dari halaman websitenya perusahaan ini mulai berkecimbung diperusahaan hosting dari tahun 2011. Bisa dibilang cukup lama, yang saya kurang suka dengan perusahaan ini, yaitu design websitenya yang kurang menarik. Mungkin ini PR buat perusahaan Shehoster untuk kedepannya.

Berikut daftar harga VPSnya:

daftar harga vps shehoster

Hosting Niagahoster

Perusahaan satu ini bisa dibilang yang paling populer di Indonesia, Yapp siapa lagi kalo bukan Niagahoster. Layanan produk perusahaan ini sangat komplit yang mereka tawarkan, dan harga yang diberikan Niagahoster menurut saya tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah juga. Tetapi Niagahoster memberikan diskon besar-besaran untuk pembelian pertama.

Berikut harga yang VPS yang tawarkan Niagahoster:

daftar paket vps niagahoster

Hosting Idcloudhost

Siapa sihh yang tidak kenal dengan perusahaan hosting satu ini. Yap IDCloudHost atau PT Cloud Hosting Indonesia ini, menyediakan berbagai macam paket server yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan website Anda. Berikut daftar paket Server yang ditawarkan Idcloudhost:

  1. Virtual Private Server
  2. Server Private Cloud
  3. Server Sekolah (seperti Server Ujian CBT, Server PPDB, dan Server Akademik untuk kebutuhan Digitalisasi Sekolah)
  4. Private WHM SSD
  5. Colocation Server Indonesia dan yang lainnya.

Kita akan lihat hanya daftar harga paket VPS saja. Pada server VPS sendiri, Idcloudhost menawarkan dua paket yakni SERVER VPS SSD dan SERVER VPS SAS.

SERVER VPS SSD IDcloudhost

VPS SSD (PRO) sudah full menggunakan harddisk SSD, dan sudah menggunakan Teknologi HPE Nimble Storage Adaptive Flash Arrays Terbaru
dengan waktu akses 100 kali lebih cepat dan kecepatan I/O yang lebih tinggi dibandingkan VPS SSD biasa.

daftar vps pro idcloudhost
Information: Silakan geser ke kiri atau ke kanan untuk memilih paket.
  • VPS Pro+1 Anda mendapatkan 2CPU, 30GB Storage, Virtual Memory 1GB dan Bandwidth Unmetered dengan harga 100ribu per bulan

  • VPS Pro+2 Anda mendapatkan 4CPU, 40GB Storage, Virtual Memory 2GB dan Bandwidth Unmetered dengan harga 480ribu per bulan

  • VPS Pro+3 Anda mendapatkan 8CPU, 60GB Storage, Virtual Memory 4GB dan Bandwidth Unmetered dengan harga 900ribu per bulan

  • VPS Pro+4 Anda mendapatkan 8CPU, 100GB Storage, Virtual Memory 8GB dan Bandwidth Unmetered dengan harga 1juta per bulan

  • VPS Pro+5 Anda mendapatkan 16CPU, 200GB Storage, Virtual Memory 16GB dan Bandwidth Unmetered dengan harga 1.4juta per bulan

  • VPS Pro Extreme Anda mendapatkan 16CPU, 250GB Storage, Virtual Memory 32GB dan Bandwidth Unmetered dengan harga 2juta per bulan

SERVER VPS SAS IDcloudhost

SERVER VPS SAS (Serial Attached SCSI) merupakan HDD yang dikhususkan untuk server yang memiliki kecepatan putar lebih tinggi di bandingkan dengan hardisk biasa yaitu antara 10.000 – 15.000 RPM.

daftar vps sas idcloudhost
Information: Silakan geser ke kiri atau ke kanan untuk memilih paket.
  • VPS SAS 1 Anda mendapatkan 1CPU, 30Storage, Virtual Memory 1GB dan Bandwidth Unmetered dengan harga 100ribu per bulan

  • VPS SAS 2 Anda mendapatkan 2CPU, 60Storage, Virtual Memory 2GB dan Bandwidth Unmetered dengan harga 250ribu per bulan

  • VPS SAS 3 Anda mendapatkan 2CPU, 120Storage, Virtual Memory 3GB dan Bandwidth Unmetered dengan harga 470ribu per bulan

  • VPS SAS 4 Anda mendapatkan 3CPU, 200Storage, Virtual Memory 5GB dan Bandwidth Unmetered dengan harga 890ribu per bulan

SERVER VPS Cloud IDcloudhost

Layanan Private Cloud IDcloudhost merupakan layanan Full Cloud pertama di Indonesia yang mempermudah Anda untuk meluncurkan server Full Cloud dan dapat ditingkatkan seiring dengan pertumbuhan server Anda dengan dukungan Control Panel yang User Friendly, Praktis, dan Fleksibel serta didukung dengan harga yang terjangkau dengan bantuan tim Teknis yang berpengalaman.

daftar harga vps cloud idcloudhost

Masih banyak lagi produk yang ditawarkan oleh IDcloudhost, sebaiknya Anda mengunjungi websitenya dan melihat satu per satu.

Hosting Exabytes

Perusahaan hosting Exabytes sudah 18 tahun beroperasi dan sudah mempunyai 140.000 ribu pelanggan. Exabytes juga membuka kantor cabang di tiga negara yaitu: Indonesia, Malaysia dan Singapor.

Perusahaan ini menawarkan tiga macam paket Cloud VPS SSD. Berikut list serta daftar harga yang ditawarkan Exabytes:

  • VPS Linux SSD
  • VPS Window SSD
  • VPS SSD Plesk
daftar harga vps linux exabytes
harga vps window exabytes

VPS SSD Plesk

harga vps plesk exabytes

Hosting Indowebsite

Perusahaan hosting satu ini juga mempunyai pengalaman tidak jauh berbeda lohh. Jika kita lihat dihalaman website nya Indowebsite sudah mempunyai pengalaman 15 tahun di industri hosting. VPS yang ditawarkan perusahaan ini juga lumayan murah loh. Berikut daftar harganya:

daftar harga VPS indowebsite

Hosting Jetorbit

Perusahaan Jetorbit menjual produk Managed Cloud VPS dengan harga yang bisa dibilang murah. Bukan rahasia umum lagi jika paket VPS Managed rata-rata menjual harga yang mahal, tetapi Jetorbit mampu memberikan harga yang bersahabat untuk pelanggannya. Berikut list harganya:

Harga paket vps cloud di jetorbit

Hosting Domainesia

Saya kira hosting satu ini sedang naik daun, saya sendiri menggunakan hosting ini sudah hampir 3 tahun dan tidak pernah mengecewakan saya. Domainesia sering memberikan diskon kepada pelanggannya dan rata-rata produk yang mereka jual harga perpanjangnya tidak jauh berbeda. Alias tidak ada permainan marketing didalamnya.

Sebelumnya sudah saya tanyakan bahwa harga VPS yang mereka jual, harga perpanjangnya juga sama. Alias jika Anda membeli VPS yang harga 160ribu perbulan maka harga perpanjangnya juga sama (tidak ada kenaikan). Berikut list harganya:

daftar harga vps domainesia

gunakan kode kupon: hendky-VPS20 untuk mendapatkan diskon 20%

Hosting Indosite

Indosite salah satu perusahaan yang paling tua. Bisa dibilang provider ini sangat berpengalaman, yang bikin mengagetkan perusahaan ini didirikan sejatak kurang lebih tahun 1996.

Untuk paket VPS yang mereka tawarkan banyak sekali. Anda bisa langsung mengunjungi website ini di: indosite.com

Hosting Jogjahost

Sesuai dengan namanya sudah dipastikan perusaan satu ini berasal dari Yogyakarta. Paket yang ditawarkan Jogjahost sebenarnya bisa dibilang murah, akan tetapi paket yang mereka tawarkan merupakan paket dengan spesifikasi hosting yang tinggi. Jadi jika Anda ingin membeli paket yang spesifikasi mungkin Jogjahost bukan pilihan tang tepat.

berikut daftar harga vps di jogjahost

Hosting Ardetamedia

Hosting satu ini juga menawarkan paket hosting yang cukup rendah akan tetapi paket yang mereka tawarkan merupakan paket dengan spesifikasi hosting yang tinggi. Ardetamedia juga tidak hanya menawarkan paket VPS server Indonesia saja loh. Mereka juga menawarkan paket VPS Cloud Server Singapura. Untuk detail harganya Anda bisa mengunjungi langsung website Ardetamedia.

Hosting Hoster

Perusaan hosting Hoster juga sama, mereka menawarkan paket dengan spesifikasi hosting yang tinggi. Ini berarti jika Anda membutuhkan VPS dengan spesifikasi rendah berarti Hoster bukan pilihan yang tepat. Untuk detail harganya Anda bisa langsung mengunjungi website resmisnya.

Kesimpulan

Dari sekian banyak perusahaan hosting yang memberikan layanan produk VPS sudah pastinya ada poin pluss dan minusnya. Memang memilih sebuah provider hosting tidak semudah yang kita bayangkan. Mungkin dari sekian perusahaan hosting yang saya bahas diatas bisa membantu Anda yang sedang mencari VPS.