Tips memilih hosting agar tidak salah pilih

Pada artikel ini Anda akan diberikan tips untuk memilih hosting agar tidak salah pilih. Untuk memilih

Pembukaan

Pada artikel ini Anda akan diberikan tips untuk memilih hosting agar tidak salah pilih.
Dari sekian banyaknya perusahaan hosting yang ada, membuat kebanyakan orang bingung untuk memilih sebuah hosting manakah yang cocok untuk website mereka.

Yapp, memang bukan hal yang mudah dalam memilih hosting yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda. Terdapat berbagai faktor lainnya yang harus Anda pertimbangkan sebelum membelinya. Untuk itu saya membuat artikel ini untuk Anda.

Postingan ini akan memberi Anda wawasan tentang kriteria paling penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih hosting.

Kebutuhan website Anda

Sebelum Anda memilih hosting, sebaiknya, menganalisa kebutuhan bisnis Anda supaya membantu mempersempit pilihan hosting yang akan Anda pilih. Perkirakan jumlah lalu lintas yang paling terendah dan tertinggi yang akan mengakses website Anda.

Situs web yang menerima lalu lintas harian dalam jumlah tinggi mungkin tidak tepak jika menggunakan server shared hosting karena server semacam itu dibuat untuk mendukung situs web yang sekalanya lebih kecil.

Jika bisnis Anda hanya menampilkan beberapa halaman seperti, landing page, blog sederhana, web personal dan yang lainnya, mungkin menggunakan shared hosting lebih tepat. Tetapi jika Anda mempunyai website bisnis dengan pengunjung tinggi setiap harinya, pertimbangkan untuk menggunakan hosting Virtual Private Server atau yang biasa disingkat VPS.

Berikut pertanyaan yang bisa Anda analisa untuk kebutuhan website Anda:

  1. Jenis website apa yang akan Anda buat? Misalnya, apakah Anda akan menggunakan CMS seperti WordPress atau membuat situs web HTML statis?
  2. Apakah Anda akan membuat lebih dari satu situs? Beberapa host memungkinkan Anda membuat beberapa situs dari akun yang sama.
  3. Berapa banyak lalu lintas yang akan mengunjungi website Anda? Jadilah realistik. Ini akan membantu menentukan berapa banyak sumber daya yang Anda butuhkan. Jika Anda berencana untuk meningkatkan lalu lintas Anda dari waktu ke waktu, Anda mungkin memerlukan host yang menawarkan skalabilitas dalam penawaran paket mereka.
  4. Persyaratan teknis apa yang Anda perlukan untuk situs Anda? HTML dan CSS tidak memiliki persyaratan khusus, tetapi jika Anda bekerja dengan PHP, Python, Node JS, Golang dan yang lainnya, mungkin Anda harus melihat apakah hosting tersebut mendukungnya?
  5. Apakah Anda memerlukan fitur tambahan, seperti hosting email atau sertifikat SSL? Pastikan hosting yang Anda pilih menawarkan apa yang Anda cari (dan dengan harga yang wajar).
  6. Berapa biaya perbulanmu? Mengetahui hal ini dapat membantu Anda menyingkirkan host dan paket tertentu sebelum membuang waktu untuk membandingkan fitur host di luar jangkauan Anda.

Reputasi perusahaan hosting

reputasi sebuah hosting

Point ini tidak kalah penting yang banyak orang abaikan. Sangat penting untuk menganalisa layanan dan reputasi perusahaan hosting yang akan Anda beli. Bermitra dengan perusahaan hosting yang memiliki banyak keahlian, pengalaman, review yang bagus, pelanggan yang banyak dan dikenal banyak orang mungkin bisa jadi pertimbangan Anda.

Periksa peringkat dan ulasan yang diposting oleh pelanggan, lihat ulasan hosting web, di mana para ahli dari industri dapat mempertimbangkannya. Selain itu, Pastikan untuk membaca Persyaratan Layanan secara menyeluruh. Kebanyakan orang mengeklik untuk menerima Persyaratan Layanan tanpa benar-benar membacanya.

Ini merupakan resiko yang sangat besar karena Terms of Service biasanya menyertakan kebijakan refund yang biasanya kebijakan dalam pengembalian uang dan taktik permainan marketing didalamnya. Ini sangat berguna, saya harap Anda baca secara menyeluruh.

Harga hosting

harga paket hosting

Tentunya Anda ingin memilih paket hosting yang sesuai dengan budget Anda bukan?. Namun, saat memilih harga, penting untuk membandingkan harga awal dan harga perpanjangan sebuah hosting.

Karena banyak penyedia layanan hosting memberikan diskon besar-besaran hanya diawal pembelian. Pastikan paket Anda akan diperpanjang dengan harga normal dikemuadian harinya.

Pastikan juga untuk melihat biaya add-on dan layanan tambahan lainnya. Beberapa host misalnya, mengenakan biaya tambahan untuk hosting email, sementara yang lain memasukkannya dalam tarif dasar mereka.

Paket hosting murah mungkin banyak disukai orang, akan tetapi memiliki risiko lebih besar yang dapat mengakibatkan server lambat, waktu henti terus-menerus (server mati), layanan pelanggan yang buruk, dan hubungan dengan banyak situs web tidak profesional yang dapat merusak reputasi merek Anda.

Menemukan paket kualitas yang memenuhi kebutuhan Anda dengan harga yang wajar itulah target Anda, saya harap Anda lebih bijak dalam menguluarkan budget untuk pembelian hosting. Jangan sampai Anda menyesali apa yang telah Anda beli.

Kecepatan server

Saat pengunjung Anda datang ke situs Anda, mereka ingin mendapatkan pengalaman yang baik. Mereka membutuhkan situs yang cepat. Kecepatan sebuah server hosting sangat berpengaruh terhadap pengunjung Anda.

Tak hanya itu, berdasarkan hasil riset dari Google, 53% pengunjung akan meninggalkan website yang memakan waktu lebih dari 3 detik.

Google juga menjadikan kecepatan website sebagai salah satu faktor algoritma untuk mendapatkan rank yang lebih baik. Tidak heran jika website yang biasa kamu jumpai di halaman pertama Google memiliki kecepatan website yang cepat.

Pada dasarnya, kecepatan suatu website tergantung dari struktur keseluruhan website itu sendiri. Kenyataannya, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan website, tapi jika server hosting Anda lambat (dibawah 1000ms), Anda dapat kehilangan banyak pengunjung.

Waktu uptime sebuah server

Waktu uptime adalah waktu online dari server. Server hosting yang memiliki waktu uptime yang rendah artinya server tersebut sering down atau mati. Jika server sudah down maka website anda akan offline dan tidak bisa diakses oleh pengunjung.

Jadi salah satu faktor penting untuk memilih hosting adalah waktu uptime server. Untuk itu sebelum membeli pastikan Anda sudah melihat uptime server dari provider hosting. Coba tanyakan pada customer service. Kebanyakan perusahaan hosting yang ada di Indonesia menjanjikan server akan tetap online minimal 99,90% dalam satu bulan.

Tahukah Anda?

Score 99,00% dalam waktu uptime adalah score yang sangat buruk.

Rata-rata uptime 99,00% menunjukan bahwa website Anda akan mengalami downtime selama 7 jam 18 menit dan 17,5 detik dalam 1 bulan.

Keamanan server

keamanan sebuah server hosting

Aspek yang paling penting dalam memilih hosting yaitu, perlu mempertimbangkan dalam fitur keamanannya. Ini terutama jika Anda berencana menjalankan situs web yang menyimpan data sensitif, seperti nomor kartu kredit pelanggan, identitas pelanggan Anda dan sebagainya.

Mulailah dengan melihat apakah hosting menjalankan firewall atau deteksi malware di server mereka atau tidak. Tanyakan apakah mereka memantau server mereka untuk aktivitas yang tidak biasa. Cari host yang menawarkan sertifikat SSL untuk memastikan bahwa data yang dikirim melalui situs Anda tetap aman dan terenkripsi. 

Beberapa host juga menawarkan layanan penolakan IP, yang memungkinkan Anda untuk memblokir alamat IP tertentu, seperti yang mungkin berasal dari kelompok peretas, spamming atau kelom negatif tertentu.

Terakhir, Anda pasti ingin melihat apakah host menawarkan backup otomatis untuk harian, mingguan atau bahkan bulanan?. Bahkan dengan berbagai langkah keamanan yang diterapkan, tidak pernah ada jaminan bahwa situs selalu aman dari ulah peretas. Jika host Anda menawarkan layanan cadangan, Anda akan dapat memulihkan situs Anda dengan cepat jika terjadi hal yang buruk.

Cari host yang mencadangkan situs Anda secara otomatis baik itu harian atau mingguan, terutama jika Anda berencana untuk terus memperbarui situs Anda. Dengan begitu, jika ada data yang hilang, Anda hanya akan kehilangan data dalam jumlah kecil saja.

Layanan support 24 jam

dukungan penuh 24 jam

Pertimbangkan support atau dukungan pihak hosting yang akan Anda pilih, jika Anda pemula dalam bidang hosting mungkin Anda mengalami kesulitan yang tentunya membutuhkan orang untuk memandu Anda atau memberikan informasi untuk memecahkan masalah Anda.

Pastikan penyedia hosting yang akan Anda pilih menawarkan dukungan pelanggan yang cepat merespon, karena ini sangat penting bagi Anda jika menemukan masalah atau seputar pertanyaan yang Anda sendiri tidak tahu. 

Saat menganalisa perusahaan hosting, cari cara untuk menghubungi dukungan pelanggan, apakah Anda dapat menghubungi mereka dengan mudah dan cepat dalam merespon. Biasanya perusahaan hosting menyediakan alat dukungan seperti:

  • Email
  • Nomor telepon
  • Social media
  • Live chat
  • Tiket
  • Dokumentasi lengkap

Ulasan dari pelanggan

Sebelum anda memutuskan layanan apa yang ingin anda gunakan, anda sebaiknya juga mempertimbangkan pendapat orang lain. Anda perlu melihat review dari pelanggan lain.  Ada banyak sumber yang bisa anda telusuri mulai dari blog hingga forum untuk mendapatkan suatu ulasan tentang layanan hosting.

Tentu saja tidak semua review bersifat obyektif. Anda juga mesti ekstra hati-hati karena banyak orang yang ingin memanfaatkan rasa penasaran anda demi mendapatkan keuntungan pribadi. Anda sebaiknya membaca ulasan hanya dari blog-blog yang terpercaya demi mendapakan review yang lebih obyektif.

Yang benar-benar harus anda perhatikan adalah kelebihan serta kekurangan. Anda bisa menyimak kelebihan serta kekurangan berdasarkan pengalaman mereka. Ini akan menjadi cara yang paling efektif untuk menilai baik buruknya sebuah layanan hosting berdasarkan ulasan orang lain.

Kesimpulan

Anda mungkin sudah bisa mempertimbangkan untuk memilih sebuah hosting. Menghabiskan lebih banyak waktu di awal dapat menghemat banyak masalah dikemudian hari. Pelajari juga apa perbedaan hosting shared hosting, cloud hosting, virtual private server, dedicated server dan yang lainnya.

Pastikan juga penyedia hosting yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik, lakukan riset pada perusahaan hosting yang akan Anda sewa, pahami dengan tepat apa kebutuhan Anda, pertimbangkan dukungan 24 jam, uptime server, kecepatan hosting, keamanan server dan pastikan penyedia hosting Anda dapat memenuhi kebutuhan Anda. 

Dari sekian banyak perusahaan hosting yang tersebar di Indonesia, berikut perusahaan hosting yang bisa Anda coba:

Informasi: Daftar hosting diatas belum sepenuhnya saya review, harap bijak dalam memilih hosting mana yang akan Anda sewa.