Belajar syntax dasar pada CSS

Pada artikel ini Anda akan belajar syntax dasar pada CSS atau lebih tepatnya cara penulisan dasar-das

Syntax dasar CSS

Syntax dasar CSS merupan penulisan dasar CSS, yang dimana aturan CSS memiliki dua bagian utama, yaitu: selector dan declaration, atau kalo diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi pemilih dan deklarasi. Berikut penjelasan lebih dalamnya:

syntax dasar css

Selektor digunakan untuk memilih elemen HTML mana yang akan diberi style.

Property digunakan untuk menentukan tipe style mana yang akan digunakan, properti sendiri membutuhkan nilai. Berikut contoh properti css: color, background-color, border dan yang lainnya.

Deklarasi merupakan blok kode yang didalamnya berisi properti dan nilai dari properti itu sendiri.

Informasi: deklarasi CSS selalu diakhiri dengan tanda titik koma, dan blok deklarasi dikelilingi oleh kurung kurawal. 

Komentar CSS

Sebuah komentar pada CSS biasanya digunakan untuk menandai atau menjelaskan kode dengan deskripsi singkat. Ini sangat berguna untuk pengembang, Mungkin dimasa yang akan datang Anda akan mengedit kembali sebuah kode. Komentar diabaikan oleh browser dan tidak akan dieksekusi.

Komentar CSS dimulai dengan /*, dan diakhiri dengan */.

/* Memberikan warna pada heading */
h1 {
    background-color: red;
}

Pada contoh diatas Anda menulis sebuah komentar: /* Memberikan warna pada heading */ . Komentar tersebut mengingatkan kode tersebut digunakan untuk memberikan warna. Ini berguana jika suatu saat Anda membuka lagi kode, dan komentar akan menjadi acuan deskripsi kegunaan kode yang ditulis. Mungkin komentar akan terasa kegunaannya jika baris kode sudah banyak.