Review Tema WordPress Astra (Ulasan Lengkap)

Pada artikel ini kita akan mereview Tema Wordpress Astra versi gratis maupun berbayar. Lalu kita akan

Tema WordPress Astra

Tema WordPress Astra hadir dengan dua versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar atau premium. Tentunya versi yang berbayar mempunyai kelebihan tersendiri jika dibandingan dengan versi gratis. Tema Astra sangat populer. Jika kita lihat versi gratisnya, mereka menduduki peringkat ke kedua direpository WordPress dengan pengguna aktif satu juta lebih.

theme wordpress astra

Mereka menjanjikan bahwa tema Astra sangat cepat dan ramah terhadap mesin telusur atau SEO. Bukan hanya itu, mereka juga banyak memberikan fitur yang berguna untuk menunjang kebutuhan situs Anda. Tema ini tergolong multi fungsi, karena bisa digunakan untuk situs  blog, personal, portofolio, web bisnis, WooCommerce dan yang lainnya..

Masih banyak lagi kelebihan dari tema Astra. Disini kita akan mereview tema ini lebih dalam. Silakan simak artikel ini sampai habis.

Tim dibelakang Astra

Tema Astra dikembangkan oleh Brainstorm Force – sebuah perusahaan developer WordPress yang telah beroperasi selama lebih dari sepuluh tahun, dan memiliki lebih dari 60 karyawan.

Tidak mengherankan jika Astra berintegrasi dengan banyak plugin page builder secara efektif, karena Brainstorm Force meluncurkan Addons Ultimate untuk Beaver Builder dan addons lainnya, tentunya mereka memiliki pemahaman lanjutan tentang cara kerja page builder WordPress yang populer itu.

Mereka juga berada di balik opt-in email dan plugin generation plugin, Convert Pro, plugin Schema markup Schema Pro dan plugin portofolio WP Portfolio .

Brainstorm Force sangat aktif dalam komunitas WordPress. Mereka sering menghadiri WordCamps dari seluruh dunia dan plugin WordPress gratis mereka diperbarui secara berkala.

Kecepatan Tema Astra

hasil dari kecepatan tema Astra

Tema Astra sangat ringan, para pengembang tema Astra mengklaim tema ini paling ringan jika dibandingkan dengam tema pada umumnya. Lantas apa yang membuat tema ini cepat? Langkah apa saja yang mereka lakukan untuk mendapatkan kinerja yang optimal? Mari simak tulisan dibawah ini:

Tidak menggunakan framework jQuery

Tema Astra menggunakan Vanilla JavaScript yang mencegah jQuery menghalangi pemblokiran render yang akan mempengaruhi kinerja.

Ukuran kurang lebih 50 KB

Tema Astra membutuhkan kurang dari 50KB sumber daya dibandingkan dengan rata-rata 100KB yang dibutuhkan oleh tema WordPress pada umumnya.

Kode yang dioptimalkan

Tema Astra menggunakan data WordPress default dan mengikuti standar pengkodean terbaik untuk memastikan bahwa setiap bagian kode dioptimalkan.

Muat hanya dalam setengah detik

Tema Astra dibangun untuk kecepatan dan dioptimalkan sepenuhnya untuk kinerja. Menjadi tema paling ringan dan itu memuat rata-rata dalam waktu kurang dari 0,5 detik.

Dukungan Untuk Seo

Jika Anda ingin situs Anda mendapat peringkat teratas dimesin pencari seperti Google, tentunya harus mencari tema WordPress yang ramah terhadap mesin pencari atau SEO. Lantas apa? tolak ukur bahwa tema tersebut ramah terhadap SEO? Mari simak penjelasan dibawah ini!

Markup Schema

Schema adalah jenis mikrodata yang akan memudahkan mesin pencari untuk menguraikan dan menginterpretasikan seluruh informasi pada halaman web Anda dengan efektif. Dengan begitu, mereka dapat memberikan hasil yang relevan kepada pengguna berdasarkan query yang diketik oleh para pengguna.

Pada dasarnya, ini membantu Google lebih memahami situs web Anda, yang secara tidak langsung dapat diterjemahkan ke dalam peringkat yang lebih baik, presentasi dalam hasil pencarian Google dan mungkin akan mendapatkan rasio RKT yang lebih tinggi.

Jika Anda bertanya apakah tema Astra support markup schema? Tentunya sudah mendukung Markup Schema.

Kecepatan Tema

Kecepatan situs adalah salah satu faktor SEO. Di luar manfaat SEO sekali pun ini juga sangat penting untuk pengalaman pengguna dan berkorelasi dengan rasio pentalan yang lebih rendah dan waktu yang lebih tinggi di situs ( yang secara tidak langsung juga dapat berdampak positif pada SEO ).

Jika Anda bertanya apakah tema Astra sudah dioptimalkan untuk SEO? Tentunya sudah. Silakan baca kembali tulisan diatas untuk lebih lengkapnya.

Tag Header Yang Dioptimalkan

Apa hal pertama yang Anda cari pada situs? Berita atau kontent utama bukan? Demikian pula, tag header menandai header utama dalam konten Anda dan menarik baik pembaca maupun mesin telusur untuk memahami tentang konten itu. Tag header ini menyertakan H1, H2, H3, dll. Dan yang pasti tema Astra sudah dioptimalkan untuk tag header.

Breacrumbs

Selain membantu pengunjung untuk memudahkan navigasi, breadcrumbs juga membantu mesin pencari memahami struktur situs web Anda dan memperkuat tautan internal juga. Dengan markup schema yang tepat, runut tautan juga meningkatkan cara situs web Anda ditampilkan di halaman hasil mesin pencari. Berikut contohnya:

contoh dari breadcrumbs

Desain responsive

Pada tahun 2018, Google secara resmi beralih ke pengindeksan yang memprioritaskan seluler, yang berarti bahwa Google sekarang menggunakan versi seluler di situs web Anda dalam sistem perayapan, pengindeksan, dan pemberian peringkat.

Ini penting, karena meskipun kebanyakan orang sangat menekankan pada pengoptimalan situs web mereka untuk desktop, ini bukan lagi satu-satunya hal yang dilihat Google. mengingat pengunjung sekarang lebih banyak dari ponsel pinter.

Memang hampir semua tema sekarang sudah responsive termasuk tema Astra itu sendiri.

Kompatibilitas AMP

AMP, kependekan dari Accelerated Mobile Pages , adalah proyek yang didukung Google yang bertujuan untuk mempercepat web seluler dengan menggunakan kerangka kerja khusus.

Dengan peningkatan jumlah pengguna seluler, Google berfokus pada peningkatan pengalaman mereka saat mengakses web. Ini berarti bahwa tidak hanya penting agar situs web memuat lebih cepat di desktop, tetapi juga harus siap dengan AMP!

Salah satu pertimbangan SEO terpenting adalah bahwa halaman AMP mendapatkan pengakuan khusus dalam hasil pencarian Google.

Dan kabar baiknya Anda bisa menggunakan plugin AMP untuk mengintegrasikan AMP pada tema Astra.

Tanggal Terakhir Diperbarui

Google menghargai konten yang baru-baru ini diperbarui, jadi Anda pasti ingin memastikan Google dapat mengetahui bahwa Anda memperbarui konten secara aktif. Tema yang bagus akan menambahkan markup schema untuk tanggal terakhir diperbarui, serta memberi Anda opsi untuk menampilkan tanggal pembaruan terakhir alih-alih tanggal diterbitkan.

Sambil membantu mesin pencari menyadari bahwa Anda memperbarui konten secara teratur, ini juga menunjukkan kepada pembaca bahwa mereka dapat menemukan beberapa konten segar di situs web Anda.

Sebenarnya masih banyak lagi indikator yang lainnya. Sayangnya jika kita membahas itu semua terlalu panjang. Yang jelas Tema Astra sudah mendukung berbagai teknik SEO yang sudah kita jelaskan diatas.

Fitur Tema Astra

Jika kita berbicata fitur yang diberikan pada tema Astra, tentunya banyak dan mereka memberikan segudang fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan situs Anda. Jadi apa saja fitur yang diberikan tema Astra? Mari kita simak tulisan dibawah ini!

fitur tema astra pertama

Starter Templates

Starter Templates adalah plugin gratis yang bisa Anda gunakan, ini perpustakaan desain situs web yang siap pakai, didalamnya terdiri dari berbagai macam categori desain website. Terdapat 280+ template siap pakai dan halaman individual untuk page builder favorit Anda seperti Beaver Builder, Brizy dan editor default WordPress Gutenberg.

Dengan template siap pakai ini, Anda dapat mulai menyesuaikan situs Anda dengan beberapa klik. Plugin Starter Templates menghemat banyak waktu, Anda bisa memilih langsung template website dan mengganti kontent didalamnya seperti: mengganti gambar, merubah informasi dan yang lainnya.

Berbagai macam template dihadirkan seperti:

  • Fotografi
  • Teknologi
  • Fitnes
  • Blog
  • Personal
  • Hewan peliharaan
  • Toko online dll

Cara menggunakannya plugin Starter Templates:

  1. Install dan aktifkan Plugin Starter Templates
  2. Pilih page builder yang ingin Anda gunakan
  3. Pilih demo situs web atau halaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda
  4. Install tambahan plugin yang diperlukan dengan satu klik
  5. Impor template situs web atau halaman
  6. Selesai!

Tata Letak

Tema Astra hadir memberikan banyak varian tata letak yang bisa Anda pilih. Dengan berbagai macam tata letak situs web yang ditawarkan, tentunya Anda bisa lebih leluasa untuk mendesain situs web agar sesuai dengan ke inginan Anda. Lantas apa saja varian tata letak yang bisa Anda pilih?

Pada gambar dibawah ini, tentunya ini sebagian contoh tata letak yang bisa Anda pilih. Masih Ada lagi varian tata letak yang lainnya.

pilihan tata letak pertama
pilihan tata letak kedua

Terintegrasi Dengan Page Builder

Plugin page builder salah satu plugin yang paling digemari oleh banyak orang. Bagaimana tidak? bahwa dengan plugin ini, Anda bisa mendesain situs web dengan cepat. Dan bahkan Anda bisa langsung memilih template desain yang sudah tersedia.

Ini salah satu poin yang membuat tema Astra banyak disukai. Tentunya tema Astra tidak hanya terintegrasi dengan plugin page builder saja, tema Astra juga bekerja dengan banyak plugin WordPress lainnya. Secara khusus, ini kompatibel dengan sebagian besar plugin page builder populer seperti:

  • Gutenberg
  • Beaver Builder 
  • Brizy
  • Divi dll

Terintegrasi Dengan LifterLMS

Tema Astra sduah Integrasi dengan LifterLMS, memungkinkan Anda menyelenggarakan pengalaman belajar online terbaik bagi siswa yang mengakses situs web Anda. Tema Astra memastikan Anda mendapatkan kebebasan desain penuh untuk menyesuaikan semua yang ada di situs web Anda dan membuatnya terlihat bagus.

Terintegrasi dari LifterLMS

Fitur seperti bebas pembelajaran, halaman checkout berorientasi konversi, dan lainnya. Memungkinkan Anda membuat situs web yang berfokus pada pembelajaran dan menghasilkan konversi yang lebih tinggi.

Terintegrasi Dengan LearnDash

Apakah Anda ingin membuat situs web untuk kursus online? LearnDash lah solusinya!

Terintegrasi dari LearnDash

Tema Astra Integrasi dengan LearnDash, yang memungkinkan untuk memudahkan Anda membuat dan mendesain situs web yang indah untuk menawarkan kursus online. Astra memberi Anda beberapa pilihan desain dan fitur yang lebih fokus pada penyediaan pengalaman belajar yang lebih baik.

Terintegrasi Dengan WooCommerce

WooCommerce adalah plugin paling populer yang digunakan untuk membuat toko online.

Sebagai tema multiguna, tema Astra juga sudah terintegrasi dengan WooCommerce. Ini memberikan beberapa fitur khusus WooCommerce yang membuatnya ideal untuk sebagian besar toko online. Integrasi tersebut dilengkapi dengan berbagai macam fitur tambahan seperti:

  • Opsi galeri produk WooCommerce
  • Scroll tak terbatas
  • Tampilan cepat produk WooCommerce 
  • Sidebar off-canvas
  • Opsi checkout dll.

Masih ada lagi fitur pada Tema Astra Pro. Anda bisa melihatnya langsung diwebsite resminya lansung!

fitur tema astra kedua

Customizer

Tema Astra hadir dengan mendukung customizer untuk pengeditan. Versi gratisnya menawarkan banyak opsi untuk penyesuaian, tetapi tidak sebanyak versi premium yang memberi Anda kendali penuh atas desain yang bisa Anda mainkan. 

astra customizer

Ada 18 modul di Astra Pro yang dapat Anda aktifkan untuk opsi customizer tambahan. Empat di antaranya membutuhkan plugin yang sesuai.

  • Colors & Background
  • Typography
  • Spacing
  • Blog Pro
  • Mobile Header
  • Header Sections
  • Nav Menu
  • Sticky Header
  • Page Headers
  • Custom Layouts
  • Site Layouts
  • Footer Widgets
  • Scroll To Top
  • WooCommerce
  • Easy Digital Downloads
  • LearnDash
  • LifterLMS
  • White Label

Memang banyak opsi yang diberikan Astra pro, Anda bisa membeli tema Astra Pro untuk mendapatkan semua fitur yang diberikan Astra.

Dukungan Pihak Ketiga

Terlepas dari semua fitur yang diberikan semua itu, Tema Astra juga mendukung pihak ketiga seperti plugin dan Add-on. Anda dapat menambahkan beberapa plugin yang sangat berguna untuk membuatnya lebih baik, dan beberapa add-on favorit yang biasa digunakan:

dukungan pihak ketiga
  • Starter Sites: Anda bisa menggunakan plugin ini untuk mengimpor desain dari perpustakaan ini.
  • Astra Hooks: Ini akan membantu menambahkan bagian baru yang disebut Hooks ke penyesuai/customizer sehingga Anda dapat dengan mudah menambahkan konten, shortcide dan kode Javascript.
  • Tema Visual Hooks: Memberikan informasi tentang di mana semua lokasi hook berada.
  • Bulk Edit: Mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membuat penyesuaian pengaturan pada beberapa halaman, yang memungkinkan Anda untuk mengedit hingga 100 halaman sekaligus.
  • Customizer Reset: Ini menambahkan fungsionalitas Atur Ulang semua pengaturan ke penyesuai tema.
  • Home Page Banner for Astra Theme: Alat ini akan memberi Anda opsi lain pada penyesuai yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan spanduk ke beranda Anda.

6 plugin diatas itu bekerja secara eksklusif untuk tema Astra dan sangat membantu untuk menopang kebutuhan situs Anda. Selain itu, tim Brainstorm Force juga menawarkan 7 plugin lain yang bisa kamu coba.

Informasi: Perlu dicatat bahwa semua plugin itu gratis dan Anda dapat menemukannya di halaman Opsi Astra di bawah menu Tampilan WordPress.

Harga

Apakah Anda memutuskan untuk membeli tema Astra Pro?
Memang Tema Astra Pro atau yang versi berbayar memberikan fitur yang tidak dimiliki Tema Astra Free, dan ini sesuatu hal yang wajar. Anda bisa membeli Tema Astra Pro jika menginginkan fitur ekstra. Saat ini ada 3 paket yang bisa Anda pilih:

  • Astra Pro: 59 USD per tahun
  • Mini Agency Bundle: 276 USD per tahun
  • Bundel Agensi: 523 USD per tahun

Anda akan mendapatkan dukungan selama 1 tahun penuh dan Anda bisa menggunakannya disemua website tanpa batas (Unlimited).