Perkenalan apa itu css ?

belajar css

Apa itu CSS ?

CSS kepanjangan dari Cascading Style Sheet yang merupakan bagian dari design website, dengan CSS anda bisa merubah atau memberikan style halaman website menjadi lebih menarik. CSS sendiri dikembangkan oleh komunitas internasional yang disebut W3C atau kepanjangan dari World Wide Web Consortium, yang merupakan komunitas seluruh dunia yang bergabung untuk berkontribusi memberi masukan, menulis dan mengembangan spesifikasi dari CSS untuk mendefinisikan standar bahasa CSS. Akan tetapi CSS bukan merupakan bahasa pemograman.

Sejarah CSS

Nama CSS didapat dari fakta bahwa setiap deklarasi style yang berbeda dapat diletakkan secara berurutan, yang kemudian membentuk hubungan ibu-anak (parent-child) pada setiap style. CSS sendiri merupakan sebuah teknologi internet yang direkomendasikan oleh World Wide Web Consortium atau W3C pada tahun1996. Setelah CSS distandardisasikan, Internet Explorer dan Netscape melepas browser terbaru mereka yang telah sesuai atau paling tidak hampir mendekati dengan standar CSS.

Sejarah CSS diambil dari sumber wikipedia.

Kegunaan CSS

Kegunaan CSS untuk mengatur tampilan dokumen HTML atau memberikan style halaman website menjadi lebih menarik. Seperti: mengatur warna, teks, background dan lain lain.

Berikut perbedaan website tanpa menggunakan CSS:

Contoh Tanpa CSS:

Contoh tanpa css

Contoh MENGGUNAKAN CSS:

Contoh menggunakan CSS

Jika Anda melihat perbedaan gambar diatas mungkin Anda sudah mendapatkan gambaran peranan penting kegunaan CSS. Dan CSS sendiri bagian dari web design atau sering disebut front end.

Apa itu CSS3 ?

CSS3 merupakan versi terbau dari CSS untuk saat ini dan bagian dari pengembangan dari versi CSS 2.1 dengan penambahan beberapa fitur baru yang canggih dan berguna untuk pengembangan website dimasa depan. Pada CSS3 terdapat banyak tambahan untuk mendukung gaya suatu halaman website, yang meliputi: property dan value dari property itu sendiri.

Versi CSS

Untuk saat ini terdapat tiga versi CSS, yaitu CSS1, CSS2, dan CSS3. CSS1 dikembangkan berpusat pada pemformatan dokumen HTML, CSS2 dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan terhadap format dokumen agar bisa ditampilkan di printer, sedangkan CSS3 adalah versi terbaru dari CSS yang mampu melakukan banyak hal dalam desain website. CSS3 mendukung penentuan posisi konten, downloadable, huruf font, tampilan pada tabel / table layout dan media tipe untuk printer. Kehadiran versi CSS yang ketiga diharapkan lebih baik dari versi pertama dan kedua.

CSS3 juga dapat melakukan animasi pada halaman website, di antaranya animasi warna hingga animasi 3D. Dengan CSS3 desainer lebih dimudahkan dalam hal kompatibilitas websitenya pada smartphone dengan dukungan fitur baru yakni media query. Selain itu, banyak fitur baru pada CSS3 seperti: multiple background, border-radius, drop-shadow, border-image, CSS Math, dan CSS Object Model.

Versi CSS diambil dari sumber wikipedia.

Penulisan CSS

Untuk memulai atau mencoba memberikan CSS pada HTML, Kita belajar tentang syntax dasar terlebih dahulu pada CSS. Berikut contoh gambaran syntax dasar atau mendeklarasikan CSS:

mendeklarasikan css
  • Selector untuk menunjuk ke elemen HTML yang ingin Anda beri CSS
  • Property untuk memberikan atau menentukan tipe style pada CSS
  • Value untuk memberikan nilai pada PROPERTY itu sendiri

Blok deklarasi berisi satu atau lebih deklarasi yang dipisahkan oleh titik koma. Setiap deklarasi menyertakan nama property CSS dan nilai, dipisahkan oleh titik dua. Deklarasi CSS selalu diakhiri dengan tanda titik koma, dan blok deklarasi dikelilingi oleh kurung kurawal. 

Selector bisa menunjukan nama elemen HTML langsung, atau menggunakan atribut id mau pun class agar lebih spesifik.

Jika Anda sudah mengerti tentang syntax dasar pada CSS, maka untuk menggunakan CSS itu sendiri, Anda harus memanggilnya terlebih dahulu. Berikut 3 cara memanggil CSS:

  1. External
  2. Internal
  3. Inline

Untuk penjelasan lebih lengkapnya dan contoh penggunaanya silakan Anda baca bab Selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *